Pick Me Up Service dan Perlindungan Berkelanjutan BP Jamsostek Bondowoso

0
122
Para Pekerja di PTPN XII menjadi peserta BP Jamsostek

Dalam rangka memberikan pelayanan PRIMA kepada peserta, BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Perintis Bondowoso melaksanakan kegiatan  Pick Me Up Service.

Kegiatan ini merupakan layanan jemput bola bagi peserta BP Jamsostek yang tidak dapat hadir ke kantor terdekat secara langsung, seperti yang dilakukan tenagakerja PTPN XII Kebun Kalisat Jampit pada hari Selasa (11/02/2020) ini. Selain memberikan pelayanan Pick Me Up Service, BPJamsostek juga melakukan akuisisi dan sosialisasi program segmen Bukan Penerima Upah.

Manager PTPN XII Kalisat Jampit Ir Budi Setyawan mengapresiasi langkah BP Jamsostek Bondowoso. Sebab sangat memudahkan. “Saya mengapresiasi kegiatan ini dan mengucapkan terimakasih kepada BP Jamsostek karena memberikan kemudahan layanan klaim dan edukasi tentang pentingnya perlindungan Jaminan Sosial untuk Tenaga Kerja,” ucapnya.

Kebetulan, di PTPN XII terdapat 15 Tenaga Kerja yang telah berhenti bekerja karena mencapai usia pensiun. Berdasarkan aturan, Pencairan Jaminan Hari Tua (JHT) dapat diajukan bagi peserta yang telah berhenti bekerja karena mengundurkan diri sebelum masa pensiun, Pemutusan hubungan Kerja (PHK), mencapai usia 56 tahun, meninggalkan NKRI untuk selama-lamanya atau meninggal dunia.

Untuk pengajuan JHT, berkas yang wajib dilengkapi adalah Kartu Peserta, e-KTP, Kartu Keluarga, Surat keterangan berhenti bekerja dan Buku Rekening atas nama tenaga kerja dengan membawa berkas asli dan fotocopy.

Petugas BP Jamsostek Bondowoso saat menjelaskan tentang manfaat BP Jamsostek

Kepala BPJamsostek KCP Bondowoso, Sasongko Adji menyampaikan jika kegiatan tersebut merupakan salah satu cara untuk mempererat engagement dan hubungan baik dengan PTPN XII Kebun Kalisat Jampit. “Selain itu sangat penting dalam memberikan perlindungan lanjutan bagi peserta yang telah berhenti bekerja dari badan usaha tetapi masih memiliki aktifitas pekerjaan sehingga mereka dapat tetap terlindungi apabila terjadi risiko Kecelakaan Kerja dan risiko Kematian yang dapat terjadi kapansaja”. (Hanif-BPJamsostek-Bondowoso)