MKKS SMK Swasta Adakah Giat Prestasi

0
152

Terobosan. Itulah yang dilakukan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Swasta di Bondowoso. Mereka menggelar GIAT Prestasi I, Sabtu dan Minggu (18-19 Januari 2020). Even itu dilaksanakan di SMK Manba’ul Ulum, Desa Tangsil Wetan, Kecamatan Wonosari. Tujuannya sebagai wadah kreatifitas siswa-siswi SMK Swasta di Bondowoso.

Ketua MKKS SMK Swasta Saiful Haq mengatakan, selama ini yang banyak kegiatannya adalah SMK Negeri. Sedangkan SMK Swasta sangat minim. Karenanya, pihaknya mengajak kepada seluruh kepala sekolah untuk sama-sama memikirkan wadah kegiatan. “Kami lantas bersepakat mengadakan even Giar Prestasi. Dan kali ini yang pertama,” jelas Kepala SMK Al Imam Jambesari tersebut.

Menggugah semangat siswa adalah kewajiban guru. Harapannya ketika semangat itu terpantik, maka menjadi amunisi ssiswa untuk meraih masa depan lebih baik. Namun usaha itu tidak mudah. Dari total 37 SMK Swasta di Bondowoso, awalnya hanya 14 yang mengirimkan utusan. Padahal yang dilombakan banyak.

Panitia membuat tiga kategori lomba. Pertama Kepramukaan, Keagamaan dan Olahraga. Total ada sebelas lomba. Namun beberapa diantaranya dibagi antara putra dan putri.

Ketua MKKS SMK Swasta lantas mengajak pengurus untuk menggugah seluruh SMK Swasta yang ada di Bondowoso untuk ikut. Akhirnya seluruhnya ikut. MKKS memutuskan seluruhnya wajib ikut walau hanya mengirimkan satu kategori saja.

Terbukti, seluruh SMK Swasta mengirimkan delegasi pada acara yang digelar selama dua hari tersebut. (set)