Duta Genre Roadshow di Tegalampel

0
160
Juara Duta Genre 2019 saat memberi penjelasan

[SMKN PP TEGALAMPEL] Penguatan pemahaman Keluarga Berencana sangat penting untuk ditanamkan sejak dini. Salah satunya untuk membendung kenakalan remaja yang dewasa ini semakin meningkat grafiknya. Tujuannya ketika Indonesia mendapatkan Bonus Demografi pada 2030, akan ada generasi muda yang benar-benar bermanfaat dan tahu arah hidupnya.

Sebagai penguatan, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB), mengajak Duta Generasi Berencana (GenRe) untuk menguatkan pemahaman tersebut. Ada dua sekolah yang dituju di Tegal Ampel. Pertama SMKN PP Tegalampel (SMK Pertanian) dan SMPN 1 Tegalampel.

Dwi Rizki Ramadhan, menjadi perwakilan Duta GenRe yang menjadi motivator. Kepiawaian menjelaskan tentang Generasi Berencana, sudah tidak diragukan lagi. Sebab pada 2019, Rizki –sapaan akrabnya- menjadi Juara 1 Duta Genre Bondowoso. Setelah itu juga menyabet Juara 3 Duta Genre Tingkat Jatim.

Juremi, Petugas Penyuluh KB Tegalampel saat memberi penjelasan.

Dia melakukan sosialisasi bersama dua temannya. Yakni Yasmin dan Dewi. Seperti saat menjelaskan Generasi Berencana di SMKN PP Tegalampel, Rizki mengupas tentang kenakalan remaja. Mulai suka merokok sampai suka pacaran. “Berdasarkan survei, dari 100 pemuda, mayoritas sudah pernah pacaran semua,” katanya.

Sebanyak 78 %, mengaku sudah biasa pegang-pegangan tangan dan sampai ciuman. Hal ini menjadi sangat miris. Apalagi di Bondowoso, pacaran sudah semakin dilakukan terbuka ditempat umum. Rizki mengamati, setiap hari ada anak pacaran di area Pujasera Jembatan Ki Ronggo. “Ini contoh bagus apa tidak bagus? Tentu tidak bagus. Namun kenyataannya ada di Bondowoso,” katanya.

Pemuda yang saat ini menjadi siswa SMAN 2 Bondowoso ini melanjutkan, ironisnya mayoritas dari mereka beranggapan, pacaran tanpa pegang-pegangan sampai cium-ciuman dianggap cupu. Padahal anggapan itu bisa merusak generas bangsa. Misalnya hamil diluar nikah.

Juara Duta Genre 2019 saat memberi penjelasan
Testimoni Salah seorang siswa, tentang pemahaman kenakalan remaja

Berbagai hal itu bisa diminimalisir ketika, para remaja diajak untuk memahami Generasi Berencana dan juga pentingnya menjaga kehormatan. Itulah juga yang melatarbelakangi adanya roadshow ke sekolah-sekolah. Untuk mengkampanyekan pentingnya memahami reproduksi dan pentingnya menjaganya.

Pada roadshow itu, para Duta Genre didampingi Petugas Penyuluh KKBPK Balai Penyuluhan KB Kecamatan Tegalampel. Yakni Drs Siti Lasfiyah, MM; Wawuk Fadjarsari, SH; dan Juremi, SE. (set)