Ada Lagi Dapur Umum Warisan Bung Karno

0
126
GSNI Bondowoso Foto Bersama Usai Membagikan Makanan Gratis.

BONDOWOSO – Gerakan Siswa Nasional Indonesia (GSNI) Bondowoso turun ke beberapa titik wilayah kota Bondowoso, Jumat (22 Mei 2020). Tim ini turun untuk membagikan masakan ‘Dapur Umum’ warisan Bung Karno. Gerakan ini adalah aksi sosial yang diinisiasi bung  Sonny T. Danaparamita. Anggota DPR RI Dapil Jatim 3 PDI Perjuangan.

Dapur Umum itu, dikelola Relawan STD Bondowoso. GSNI Bondowoso bergabung untuk memberi support aksi sosial tersebut. Selama Ramadhan 1441 H, Dapur Umum Masakan Bung Karno ini melakukan aksi sosial beberapa kali. Terakhir dilakukan pada Jumat akhir Ramadhan 22 Mei 2020.

Koordinator Relawan STD Bondowoso Dedy Faizal Ali mengungkapkan, kolaborasi tersebut adalah bentuk kepedulian sosial. Tujuannya untuk meningkatkan iman dan imun saat bulan Ramadhan yang kebetulan bersamaan dengan merebaknya Virus Corona.

“Jika pada pekan-pekan sebelumnya kegiatan ini dilakukan oleh relawan STD Bondowoso saja, kali ini para siswa yang tergabung dalam GSNI juga turut beraksi dalam kegiatan sosial ini,” ujar Dedy yang merupakan Alumni GMNI tersebut.

Para relawan turun ke jalan untuk membagikan makanan berbuka puasa kepada masyarakat yang membutuhkan. Para abang becak, sopir ojek, para pedagang kecil, dan masyarakat umum yang kebetulan melintas. “Mereka mendapatkan makanan yang diolah dengan bumbu rempah-rempah asli Indonesia,” katanya..

Kegiatan sosial ini dilakukan di sepanjang jalan Sukowiryo serta di wilayah Nangkaan dan Tamansari. Keterlibatan adik-adik GSNI yang ikut peduli dalam  upaya memerangi Covid 19 ini tentu patut dipuji. Kerinduan mereka belajar di sekolah dan rasa kangen mereka pada teman-teman seangkatannya, dituangkan dalam secara positif. Yakni melakukan aksi sosial.

Yang selalu dilakukan relawan selama ini, saat membagikan makanan, mereka tetap mengikuti protokol kesehatan sebagaimana yang dianjurkan pemerintah.

“Kami merasa senang mereka bisa aktif dan dapat memahami beratnya kehidupan masyarakat bawah akibat pandemi ini. Mereka telah mengaplikasikan ilmu dan pengetahuan yang di dapat pada saat kaderisasi. Mas Sonny-pun ikut bangga dan akan terus mensupport kegiatan-kegiatan yang dilakukan  adik-adik GSNI ini”, ujar Bung Dedy Faizal Ali.

Semoga mereka semua tetap istiqomah dalam menempa potensi dirinya serta senantiasa peduli atas berbagai problematika yang ada dimasyarakat, negara, dan bangsanya. (riz)